TEKNIK PEMELIHARAAN BIOTA LAUT PADA SEAWORLD

TEKNIK PEMELIHARAAN BIOTA LAUT PADA SEAWORLD

Biota laut yang dipamerkan dalam tangki aquarium berasal dari habitat yang asli. Agar biota laut tersebut dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru maka harus diadakan karantina terlebih dahulu. Dengan adanya tangki / aquarium, kelestarian objek pamer dapat terjaga. Untuk mencapai hal tersebut harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Air laut
Kualitas air laut menjadi parameter penentu kehidupan objek yang akan dipamerkan.Kualitas air mengacu pada kandungan polutan atau cemaran yang terkandung dalam air. Air yang jernih bukan berarti air yang baik bagi ikan, karena jernih bukan satu-satunya syarat air berkualitas bagi ikan atau biota laut yang ada dalam aquarium. Adapun persyaratan kualitas air bagi ikan adalah : rendah kadar ammonia dan nitrit, bersih secara kimiawi, memiliki pH kesadahan dan temperature yang sesuai, rendah kadar cemaran organik, dan stabil. Jadi, air laut yang digunakan haruslah melalui tahap pemprosesan/filtrasi dengan karbon dan proses pembersihan dengan chlorine untuk menghindarkan air dari racun penyakit. Dalam system aquarium, ikan hidup dalam kotorannya sendiri, oleh karena itu filter menjadi wajib agar ikan yang hidup dipelihara dapat hidup dengan sehat. Selain itu, kondisi air dalam tangki/aquarium harus disesuaikan dengan lingkungan aslinya yang meliputi :
1)    Salinitas
Salinitas merupakan pengukuran langsung pada kuantitas garam terlarut dalam air. Rata-rata salinitas air laut adalah 35 per mill atau  35 bagian garam dari 1.000 bagian air laut. Sementara, gravitasi khusus berkisar antara 10.240 pada suhu 24°C. Bila setelah diukur di aquarium dan salinitas air laut tinggi, maka dapat ditambahkan air tawar hingga dapat dicapai salinitas 35 per mill. Adapun kisaran yang baik antara 30-35 per mill. Alat yang digunakan untuk mengukur adalah salinometer.
2)    Temperatur
Secara umum temperatur diukur dalam derajat Fahrenheit (F) dan Celcius (C). Temperatur disini berarti panas relatif air aquarium. Di Indonesia, yang sering terjadi adalah kenaikan suhu pada air laut. Pada aquarium dengan penyinaran yang tinggi bisa mencapai suhu diatas 30°C. Cara penanganan terjadinya kenaikan suhu adalah dengan pemakaian chiller atau pendingin yang dipasang bersama termostat, sehingga pada suhu tertentu chiller akan bekerja dengan sendirinya. Chiller digunakan dalam penanganan kenaikan suhu secara permanen.
3)    Cahaya
Cahaya diperlukan untuk dua hal dalam suatu akuarium, yaitu; untuk penerangan agar ikan dan panorama akuarium dapat dilihat dengan jelas, dan sebagai sumber energi bagi penghuni akuarium terutama tanaman air untuk berlangsungnya poses fotosintesis alga baik mikro baupun makroalga.
Keadaan di alam atau lingkungan laut, secara gradasi sinar berkurang dengan semakin dalam massa air. Hal inilah yang akan ditransfer ke dalam aquarium air laut. Pada daerah tropis, sinar mempunyai intensitas 5.500 Kelvin, dan ini biasanya diwakili oleh sinar putih. Derajat Kalvin yang rendah diwakili oleh sinar merah, sedangkan sinar biru mempunyai derajat Kalvin yang tinggi.
Pada dasarnya sebuah akuarium memerlukan lampu day light,yaitu jenis lampu yang dibuat untuk meniru sinar matahari pada tengah hari. Jenis lampu demikian akan mampu memantulkan warna asli sebuat benda seperti apabila mereka dilihat langsung dibawah sinar matahari pada tengah hari. Kebutuhan cahaya untuk sebuah akuarium ikan saja dan sebuah akuarium tanaman akan berbeda. Sebagai contoh akuarium ikan saja dapat diberi sinar selama 8 – 10 jam, sedangkan sebuah akuarium tanaman perlu disinari 12 – 14 jam. Lama penyinaran yang lebih panjang secara umum tidak akan membahayakan ikan, tapi lama penyinaran yang lebih pendek akan dapat menghambat pertumbuhan tanaman.
Pemilihan lampu dengan intensitas lebih tinggi, tapi dinyalakan dengan waktu lebih pendek, tidak akan lebih baik dibandingkan dengan lampu dengan jumlah cahaya yang tepat yang dinyalakan dengan waktu yang sesuai. Pemberian cahaya dengan waktu lebih panjang atau dengan menggunakan lampu berintensitas tinggi cenderung akan memicu pertumbuhan alga dalam sebuah akuarium. Oleh karena itu, sering sekali, masalah alga dalam sebuah akuarium, apabila disebabkan kerena waktu pencahyaan lebih lama, dapat di atasi dengan memperpendek pencahayaan pada selang waktu tertentu. .Lama penyinaran sendiri dapat diatur dengan menggunanakan pengatur waktu (timer) elektronik.
4)    Kandungan oksigen
O2 diambil oleh air laut aquarium melalui permukaan air. Beberapa oksigen masuk melalui gerakan air atau arus air yang kuat. Masuknya oksigen kedalam air tergantung pada tekanan udara, suhu, dan salinitas. Penempatan arus pada permukaan air akan memudahkan O2 masuk, disamping dapat dilakukan pula penambahan udara dengan menggunakan aerator. Pertukaran O2 di protein skimmer sudah baik dan sangat efektif. O2 dalam jumlah yang berlebihan, berpengaruh pada pertumbuhan alga.
5)    Kandungan unsur kimia
Hasil reduksi kimia dari air laut seperti misalnya Nitrat dan Phospat, secara ekstrim juga berpengaruh terhadap komunitas aquarium. Nitrat dan Phospat yang terkandung dalam air bisa diakibatkan dan air tawar yang digunakan pada saat penambahan ataupun penggantian air yang menguap.
6)    Arus
Arus juga berpengaruh terhadap komunitas biota dalam akuarium air laut. Untuk biota yang biasa hidup pada arus yang kuat, maka dalam perencanaan akuariumnya dibuatkan arus buatan yang memenuhi kehidupan biota tersebut.
7)    Benda buangan
Air untuk keperluan Seaworld ini harus diambil dari laut, untuk menghindari air dari keracunan dan penyakit maka perlu dilakukan pemprosesan yaitu dengan Penyaringan dengan Carbon dan Pembersihan dengan Chlorin

Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Thank's Infonya Bray .. !!!

www.bisnistiket.co.id

Miliana mengatakan...

nice info makasih yah kak


rcti streaming

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes