KUALITAS DAN KONDISI AIR YANG BAIK UNTUK SEAWORLD

KUALITAS DAN KONDISI AIR YANG BAIK UNTUK SEAWORLD

Kualitas air seaworld
Pada perencanaan Seaworld, aquarium menjadi faktor utama yang harus diperhatikan. Sebagai perencana, kita harus memahami tentang batas kualitas air yang dapat digunakan dalam aquarium, cara pewadahannya, serta wadah display aquarium.

Kondasi kimiawi dalam air akan sangat mempengaruhi keadaan kesehatan hewan-hewan air. Dan hewan invertebrata (hewan tak bertulang punggung) biasanya lebih sensitif dibandingkan dengan hewan yang bertulang belakang (vertebrata). Hanya ada satu cara yang dapat melindungi kesehatan hewan invertebrata ini yaitu dengan membuat semua elemen dan bagian dari sistem pengaliran air harus terbuat dari bahan material yang tidak mengandung zat-zat kimia yang berbahaya.
Sumber air yang digunakan untuk aquarium harus sangat diperhatikan secara teliti agar didapat komposisi kimiawi yang baik dan cocok untuk biota air. Standar kemurnian air yang biasa dipakai manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari seperti mencuci baju dan mandi tidak cocok digunakan untuk biota air karena air yang terlalu bersih tidak terdapat plankton-plankton yang dapat berguna sebagai makanan biota air. 
Kualitas air lainnya yang harus diperhatikan selain komposisi kimiawinya ialah kejernihan air dalam display aquarium untuk memudahkan penglihatan pengunjung ke dalam aquarium. Untuk mendapatkan kejernihan yang cukup dapat digunakan campuran koloid tanah liat. Yang harus diingat bahwa, organisme yang tinggal di dalam air yang keruh akan tetap hidup dengan baik, sedangkan adanya partikel-partikel bakteri yang telihat oleh pengunjung akan dapat mengganggu kebebasannya dalam melihat ke dalam aquarium dan dapat menimbulkan ketidaksenangan pengunjung.
Air yang akan digunakan sebelum masuk dalam aquarium harus disaring / dimurnikan sesuai kemurnian yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal biota-biota air yang berada dalam aquarium. Air yang berasal dari laut harus disaring sebelum dapat dipakai untuk menyaring jumlah plankton-plankton dalam yang ada dalam air tersebut, karena terlalu banyak plankton juga akan menimbulkan racun yang dapat membunuh biota-biota tersebut.
Pada pemeliharaan aquarium, kita harus memperhatikan kotoran yang ditimbulkan dari sisa-sisa makanan dan hasil metabolisme dari hewan-hewan air dalam aquarium. Kotoran-kotoran tersebut dapat menimbulkan amonia yang berbahaya bagi biota air khususnya hewan-hewan invertebrata. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengoksidasi amonia menjadi nitrat yang dibantu oleh bakteri. Cara ini dilakukan melalui pendekatan biologi (biological filtration).
Jadi kesimpulannya, untuk mendapat kualitas air yang baik dan sesuai untuk aquarium tergantung dari beberapa faktor, yakni :
·         Bahan material yang dapat menghasilkan zat-zat kimia tertentu
·         Sumber air yang paling sesuai dengan kualitas air yang diinginkan
·         Keseimbangan antara sirkulasi air, aerasi, dan filtrasi
·    Kejernihan dapat diraih dengan menghindari kepadatan jumlah biota dalam aquarium dan kelebihan memberi makanan
·         Pengontrolan terhadap produk kotoran yang dihasilkan melalui filtrasi, alkalisasi, dan difusi.

Kondisi air seaworld
Sample air diambil dan diperiksa setiap 3 jam untuk menjaga kebersihan dan kondisi air yang bersuhu 27°C hingga 30°C. Kadar garam/salinitas dan berbagai jenis air tawar/laut yang mewadahi adalah 0 - 0,5% (gram per liter), air payau 0,5 – 17 % dan air laut (perairan Indonesia) 17 - 35%. Sirkulasi air dengan bantuan pompa memungkinkan untuk terjadinya pergantian air kurang lebih 5% sampai 7% dari volume 1,5 perjam. Sumber air dipompa dari laut dan setelah melalui beberapa tahap filtrasi, air disirkulasikan untuk kebutuhan tangki. Jumlah dan jenis filtarsi/penyaringan air laut tergantung dari tingkat kekeruhan dan pencemaran air laut yang digunakan untuk keperluan tangki.

Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

0 komentar:

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes