JENIS-JENIS MALL BERDASARKAN BENTUK FISIK

Berdasarkan bentuk fisik
Berdasarkan bentuk fisiknya lembaga perdagangan dapat dikelompokkan atas 5) :
1)    Pasar (market)
Bentuk pertokoan yang tertua, dan terdiri atas rangkaian petak yang diatur berderet-deret di ruang terbuka atau tertutup.
2)    Pertokoan Sepanjang Jalan ( Shopping Street)
Pertokoan yang terletak disepanjang kiri dan kanan jalan, mempunyai gudang dan service di bagian belakang. Kegiatan lalu lintas pengunjung dan arus barang di muka pertokoan menjadi satu dengan lalu lintas umum.
3)    Chain Store
Kelompok kios-kios/toko yang menjual berbagai macam barang yang berlokasi pada suatu bangunan toko/ruang tertutup.
4)    Decentralized Center
Kelompok pertokoan yang menjual berbagai macam barang yang berlokasi pada persimpangan jalan.
5)    Areal Perbelanjaan
Merupakan perkembangan bentuk dari toko berjejer. Untuk menghindari terganggunya pengunjung dari lalu-lintas kendaraan, jalan ditutup sebagai pedesterian. Akibatnya timbul bentuk kelompok toko yang berorientasi pada suatu ruang bebas ditengah yang dikhususkan bagi pejalan kaki.
6)    Departemen Store
Pertokoan yang diusahakan oleh suatu badan usaha yang menjual bermaca-macam barang,
Departemen Store atau toko serba ada, merupakan wadah perbelanjaan bermacam-macam barang atau satu macam/jenis barang, berbentuk toko dalam skala besar yang dikelolah oleh suatu perusahaan niaga. Barang yang diperdagangkan tidak membawa nama perusahaan secara individu tetapi membawa nama perusahaan pengelolah departemen store. Barang yang diperdagangkan adalah barang kebutuhan berkala sampai kebutuhan khusus.
7)    Supermarket
Pertokoan dengan ruangan yang luas, dimana terdapat kelompok penjualan bermacam barang.
Supermarket atau pasar swalayan merupakan wadah perbelanjaan barang kebutuhan sehari-hari ( bersifat kering dan basah dalam bentuk kemasan ), barang kebutuhan berkala, sebagian barang khusus/mewah. Secara umum sifat pelayanan supermarket berbentuk self service dengan harga yang sudah ditetapkan.
8)    Pusat Perbelanjaan
Merupakan perkembangan dan gabungan dari beberapa perusahaan dagang eceran milik perorangan yang bersama-sama menjalankan usaha didalam suatu wadah fisik dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang. Barang-barang yang diperdagangkan adalah mulai dari barang kebutuhan sehari-hari sampai pada kebutuhan berkala.

Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

Artikel JENIS-JENIS MALL BERDASARKAN BENTUK FISIK ini ditulis oleh ANDITRIPLEA pada hari . Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang JENIS-JENIS MALL BERDASARKAN BENTUK FISIK dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini atau buku tamu yang disediakan di blog ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes