MACAM-MACAM PUSAT PERPELANJAAN

                  MACAM-MACAM PUSAT PERPELANJAAN  
                  Berdasarkan skala dan pelayanan
1)    Pusat perbelanjaan local atau neighborhood centre
Skala lingkungan, radius pelayanan ½ mil untuk 5000 – 40.000 penduduk dengan luas sekitar 30.000 – 100.000 sq.ft. Barang – barang yang diperdagangkan untuk keperluan sehari – hari. Unit – unit terbesar berbentuk supermarket. Lokasi umumnya terletak pada perpotongan jalan kolektor (secondary roads).

2)    Pusat perbelanjaan distrik atau community center
Skala wilayah, radius pelayanan 2 mil untuk 40.000 – 150.000 penduduk dengan luas sekitar 120.000 – 250.000 sq.ft. Tediri dari junior departement store, supermarket, dan toko – toko. Lokasi umumnya terletak pada perpotongan jalan utama.

3)    Pusat perbelanjaan regional atau main centre
Skala kota, radius pelayanan 4 mil untuk 150.000 – 400.000 penduduk dengan luas sekitar 300.000 – 1.000.000 sq.ft. Terdiri dari departement store, junior departement store, supermarket, dan toko – toko.

            Berdasarkan sistem penjualan dan pelayanan
1)    Berdasarkan sistem pelayanan, digolongkan menjadi :
a)    Berdasarkan kualitas barang, meliputi perdagangan besar/grosir dan perdagangan kecil/ritel.
b)    Berdasarkan jenis barang yang diperdagangkan
·         Demand store
Pertokoan yang menjual barang kebutuhan pokok, misalnya peralatan rumah tangga, sandang, pangan, dan barang pecah belah.
·         Convenience store
Gerai ini mirip minimarket dalam hal produk yang dijual, akan tetapi berbeda dalam hal harga, jam buka, luas ruang, dan lokasi. Harga lebih mahal dari minimarket, jam buka sampai 24 jam, luas ruang antara 200 m2 hingga 450 m2, dan berlokasi di tempat yang strategis.
·         Impulse store
Pertokoan yang menjual barang – barang kebutuhan tambahan.
c)    Berdasarkan variasi barang yang dijual :
·         Specialty shop, produk yang dijual lebih lengkap, harga lebih bervariasi.
·         Variety shop, toko yang menjual berbagai macam barang
2)    Berdasarkan sifat penjualan
a)    Convenience system
Dengan cara tawar menawar antara pedagang dengan konsumen dimana ruang antara pedagang dan konsumen terlihat jelas.
b)    Self service system
Dengan cara memilih dan melayani sendiri dengan harga yang telah ditentukan. Pada sistem ini ruang antara pedagang dan konsumen tidak dipisahkan.

                  Berdasarkan ruang lingkup dan pelayanan
1)    Perdagangan luar negeri, meliputi perdagangan ekspor, impor, dan transit.
2)    Perdagangan dalam negeri, meliputi perdagangan local dan regional.
Berdasarkan cara penyampaiannya
a)    Perdagangan langsung, yaitu dimana barang – barang yang telah dibeli dapat langsung dimiliki secara fisik.
b)    Perdagangan tidak langsung, yaitu dimana barang – barang yang telah dibeli tidak dapat dimiliki secara fisik.
Berdasarkan jenis barang yang diperdagangkan (Sumber : Ma’ruf, Hendri, Pemasaran Ritel, PT. Gramedia, Jakarta, 2005)
1)    Perdagangan barang
a)   Barang tahan lama : menjual barang – barang seperti kendaraan, produk furnitur, alat rumah tangga, bahan bangunan, dan perhiasan.
b)   Barang yang tidak tahan lama : yang menjual barang – barang seperti makanan termasuk sepatu, makanan, general merchandise, produk perawatan tubuh, obat – obatan/jamu, dan bahan bakar minyak.
2)    Perdagangan jasa
a)    Pelayanan pribadi : yang melayani kebutuhan pribadi seperti laundry/dry cleaning, studio foto, salon kecantikan, barber shop, dan pelayanan kesehatan dan kebugaran.
b)    Jasa hiburan : seperti bioskop, gedung bowling, permainan olahraga ice skating, golf course, dan taman hiburan
c)    Jasa perbaikan / perawatan alat : bengkel kendaraan, tempat pencucian kendaraan, pusat reparasi arloji, dan pusat perbaikan alat elektronik.
d)    Jasa penginapan : seperti hotel, motel, losmen, wisma, dan tempat penginapan lainnya.

Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

3 komentar:

Riskah ball import mengatakan...

HARGA PROMO TERMURA TERBESAR SE INDONESIA PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237 website:http://ardhanionlineshop.blogspot.com/ Produk dijamin asli Ready Stock ! Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.900.000.
Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000

Miliana mengatakan...

bagus sangat lengkap sekali kak infonya


mark zuckerberg

mehmet mengatakan...

Instagram Takipçi Satın Al
Toptan Telefon Kılıfı
Resimli Magnet
Silivri Çatı Ustası
Çerkezköy Çatı Ustası

ELJ

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes