JENIS-JENIS PERBELANJAAN

Jenis – jenis Pusat Perbelanjaan
a.    Berdasarkan bentuk fisik (Sumber ; Ma’ruf, Hendri, Pemasaran Ritel, Gramedia, Jakarta, 2005)
1)     Perbelanjaan tradisional
a)  Warung
Berupa bangunan sederhana yang permanen atau semi permanen yang menjual barang kebutuhan sehari – hari.
b)  Toko
Bentuk dan penataan interiornya lebih baik daripada warung yang menjual produk – produk baik kebutuhan sehari – hari maupun produk – produk tahan lama.
c)  Pasar
Pasar terdiri atas kios – kios dibagian dalamnya dan toko –toko dibagian luarnya yang menghadap jalan, menjual berbagai macam produk yang diperlukan masyarakat, dari barang kebutuhan sehari – hari sampai dengan produk yang tahan lama.
d)  Pertokoan sepanjang jalan
Pertokoan yang terletak di sepanjang kiri dan kanan jalan, mempunyai gudang dan servis di bagian belakang. Kegiatan lalu lintas pengunjung dan barang di muka pertokoan menjadi satu dengan lalu lintas umum.
2)     Perbelanjaan modern
a)  Minimarket
Merupakan toko yang menyediakan berbagai macam kebutuhan masyarakat mulai dari yang bersifat sementara sampai yang tahan lama. Luas ruang mini market antara 50 m2sampai 200 m2.
b)  Specialty store
Menjual hanya untuk barang – barang khusus. Luas bangunan sekitar 8000 m2.
c)  Factory outlet
Mirip toko akan tetapi lebih banyak menjual kebutuhan fashion, luas ruang juga bervariasi.
d)  Distro atau distribution outlet
Sama seperti factory outlet.
e)  Supermarket
Menjual berbagai kebutuhan sehari – hari (bersifat kering, basah, dalam bentuk kemasan), dan barang kebutuhan berkala. Harga telah ditetapkan sehingga tidak terjadi tawar – menawar. Supermarket yang kecil mempunyai luas 300m2 sampai 1.100 m2 dan supermarketbesar dengan luas ruang antara 1.100 m2 sampai 2.300 m2.
f)   Warehouse
Merupakan ritel yang menjual produk makanan yang jenisnya terbatas dan produk – produk umum dengan layanan yang minim dan harga yang rendah. Luas lantainya sekitar 13.000 m2 dan biasanya berlokasi diluar kota.
g)  Off-price retailing
Menyediakan berbagai jenis produk dengan merk berganti – ganti dan lebih kearah orientasi fashion dengan tingkat harga produk yang murah.
h) Departemen store atau toserba
Barang yang diperdagangkan tidak membawa perusahaan secara individu tetapi membawa nama perusahaan niaga. Departement store memiliki luas ruang yang bervariasi mulai dari beberapa ratus meter, hingga 2.000 m2 sampai 3000 m2.
i)   Perkulakan atau gudang rabat
Menjual berbagai kebutuhan sehari – hari mulai yang bersifat tahan sementara samapai barang tahan lama.
j)    Superstore
Sama seperti departement store akan tetapi berbeda dalam hal luas ruang, yaitu mulai 2.300 m2- 4.700 m2.
k)  Hypermarket
Demikian hanya dengan supermarket tidak jauh beda dengan departement store dan superstore, yang membedakan hanya luas ruang diatas 10.000 m2.
l)   Mall
Mall merupakan pengembangan dari pusat perbelanjaan yang dipadukan dengan sarana hiburan dan rekreasi, mall memuat banyak gerai.
m) Trade centre
Mirip mall akan tetapi tidak memiliki ruang publik seluas mall dan biasanya tidak tersedia departement store dan supermarket.
n)  Box store
Mempunyai luas sedikit lebih besar daripada minimarket, yaitu mulai 450 m2 sampai 850 m2.
o)   Discount store
Mempunyai ciri – ciri menekan biaya supaya rendah, menjual produk dengan harga lebih murah, pilihan barang terbatas, serta desain toko dan pelayanan pada konsumen yang sangat minim.
p)   Combination store
Merupakan gabungan dari supermarket dan general merchandise dengan luas ruang 2800 m2 – 9300 m2.
q)   Value retailing
Merupakan toko diskon yang menjual sejumlah besar jenis produk dengan tingkat harga rendah dan biasanya berlokasi di daerah padat penduduk.
r)    Category killer
Category killerdikenal juga dengan istilah power retailer yang merupakan specialty store raksasa. Category killermempunyai karakteristik :
·         Menyediakan rangkaian produk yang sedikit tetapi mempunyai banyak ukuran atau pilihan.
·         Lebih mengutamakan produk bermerk.
·         Berlokasi di wilayah suburban, seperti Karawaci dan Tangerang.
·         Lebih menarik bagi segmen masyarakat kelas atas
·         Menjual produk – produk dengan harga paling rendah di pasaran.


Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

1 komentar:

Miliana mengatakan...

makasih untuk infonya yah kak


berita tinju terbaru

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes