PERKEMBANGAN PUSAT PERBELANJAAN

Perkembangan pada Pusat Perbelanjaan
Pusat – pusat perbelanjaan di Indonesia terus berkembang mulai dari pasar tradisional sampai pasar modern berupa supermaket dan hypermarket. Kemudian muncullah konsep baru dalam industri ritel yaitu one stop shoping, yaitu suatu tempat berbelanja yang memenuhi kebutuhan individu dan keluarga dalam satu atap. Konsep one-stop-shoping mulai dikenalkan pada dasawarsa 1980-an yang kemudian menjadi popular di awal 1990-an.
Perkembangan gerai modern yang dimulai sejak awal tahun 1960-an di Jakarta terus meningkat, dimana arti dari gerai modern itu sendiri adalah penataan barang menurut keperluan yang sama dikelompokkan dibagian yang sama yang dapat dilihat dan diambil langsung oleh pembeli, penggunaan alat – alat pendingin udara, dan adanya pramuniaga professional. Salah satu contoh dari gerai modern adalah departemen store, yang pertama di Jakarta adalah Sarinah yang pada dasawarsa 1960-an belum mengenal costumer service.
Selanjutnya industri ritel berkembang lagi dengan munculnya pusat perbelanjaan dengan format baru yang lebih memikat konsumen. Jika dulu tempat untuk berdagang adalah ruko, maka sekarang telah dijalankan dipusat perbelanjaan yang memberikan nilai tambah lain yaitu berupa hiburan dan kenyamanan berbelanja. Ini ditandai dengan adanya fasilitas hiburan dan rekreasi, restoran yang beragam, bank atau anjungan tunai mandiri (ATM), ruang publikindoor yang lebih lega dan menyenangkan, dan area parkir yang luas.

Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

0 komentar:

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes