PENGERTIAN KANTOR SEWA DAN BIOKLIMATIK

        Pengertian Kantor Sewa dan Bioklimatik
1.   Kantor sewa
Kantor sewa terdiri dari 2 suku kata, yaitu:
a.  Kantor  : “Kantor adalah bangunan yang dipakai untuk bekerja yang berkenaan dengan urusan administrasi” (Santoso, 2002:297).
b.   Sewa    : “Pemakaian, peminjaman sesuatu dengan membayar uang, yang boleh dipakai” (Santoso, 2002:526).
Dari bagian pengertian-pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian dari kantor sewa adalah:
“Ruang atau bangunan/gedung sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan administrasi bagi setiap perusahaan atau pemakai, yang pengadaannya dimaksudkan untuk disewakan kepada perusahaan/pemakai dalam jangka waktu tertentu pula sesuai kesepakatan bersama antara pemakai (penyewa) dengan pemilik (pengelola)”.
2.    Bioklimatik
a.   Bioklimatik atau “bioclimatic” merupakan gabungan dari kata bio yang berarti hidup dan climatic (berasal dari kata climate) yang berarti iklim, maka arsitektur bioklimatik dapat diartikan arsitektur yang mengacu pada iklim kehidupan/lingkungan (ecological). Secara jelas arsitektur bioklimatik adalah arsitektur yang responsif terhadap iklim di tempat tertentu dan peka terhadap penghematan energi dan aspek ekologi      (Davidson, 1996:6)
b.   [A bioclimatic skyscraper is] a tall building whose built form is configured by design, using passive low-energy techniques to relate to the site's climate and meteorological data, resulting in a tall building that is environmentally interactive, low-energy in embodiment and operations, and high-quality in performance.
Artinya:
Suatu pencakar langit bioklimatik adalah suatu bangunan tinggi yang dibangun dengan desain, menggunakan teknik pasif hemat energi untuk berhubungan dengan iklim lokasi dan data meteorologi, menghasilkan suatu bangunan tinggi yang interaktif terhadap lingkungannya, hemat energi dalam operasi dan perwujudan, dan berkualitas tinggi dalam penampilan.
Dari pengertian-pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian dari bioklimatik adalah:
“Suatu cara merancang bangunan yang responsif terhadap iklim di tempat tertentu dengan menggunakan teknik pasif hemat energi, untuk menghasilkan suatu bangunan yang interaktif terhadap lingkungannya, hemat energi dalam operasi dan perwujudan, dan berkualitas tinggi dalam penampilan”.


Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

0 komentar:

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes