MATERIAL ARSITEKTUR SURYA

MATERIAL YANG DIPAKAI DALAM ARSITEKTUR SURYA DAN ARSITEKTUR HIJAU
Material yang dipakai untuk mewujudkan bangunan yang hemat energi dengan konsep arsitektur surya dan arsitektur hijau sama seperti yang telah di jelaskan di atas. Bahan yang digunakan antara lain yaitu panel surya dengan pembuatan material sel surya jenis lapis tipis (thin film solar cells) dengtan menggunakan jenis material tipe chalcopyrite CuInSe2 dan turunannya CuInGaSe2 sebagai bahan penyerap sinar matahari. Struktur kristal dan atom dari CuInSe2 dapat dicermati di gambar berikut. Atom Indium (In) dapat diganti dengan atom Galium (Ga) membentuk CuInGaSe2.
Menggunakan peralatan physical vapor deposition, lapisan penyerap sinar matahari ini dapat disintesa dengan ketebalan 1-2 micrometer. Saya menggunakan teknik sputtering (lihat skema di bawah berikut ini) untuk membuat lapisan CuInSe2 pada substrat kaca degan ketebalan sekitar 1-2 mikron.
 Struktur sel surya lapis tipis CuInSe2 dapat dicermati melalui skema di bawah ini. Sel tersebut terdiri atas substrat kaca yang dilapisi berturut-turut lapisan Molibdenum (Mo) setebal 1 mikron sebagai elektroda bawah (kutub positif), lapisan CuInSe2 setebal 1-2 mikron sebagai lapisan penyerap matahari (semikonduktor tipe p), lapisan CdS sebaagai lapisan buffer dengan ketebalan ~50 nanometer, lapisan ZnO (semikonducktor tipe n) sebagai lapisan transparans elektroda dengan ketebalan ~500 nanometer, dan sedikit lapisan Nikel sebagai elektroda atas (kutub negatif).
 Salah satu yang paling nyata adalah sebuah rumah di 19 Manapau Street, Meadowbank, Auckland,New Zealand.Rumah tersebut mengaplikasikan PV pada bagian atap untuk membangkitkan listrik yang digunakan untuk menjalankan semua kebutuhan listrik rumahan dan kantor. Selain itu, pengaplikasian pemanas air tenaga surya untuk mandi, memasak dan mencuci.

Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

0 komentar:

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes