ARSITEKTUR SURYA MASA DEPAN

ARSITEKTUR SURYA DIMASA DEPAN
Berbeda dengan era arsitektur terdahulu yang ditandai dengan penampilan langgam dan fashion arsitektur silih berganti, era energi surya akan ditandai dengan perubahan makna yang substantif, yang membuka pintu lebar lebar bagi perubahan interpretasi interpretasi langgam. Energi surya kini dan dimasa mendatang sedang dalam tahap tahap improvisasi. Menarik untuk disadari, bahwa akan muncul gagasan gagasan baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya, karena formula formula lama segera akan digantikan dengan paradigma paradigma baru. Improvisasi adalah apa yang ahli dikerjakan oleh para arsitek dalam bidang seni.
Para enjiner pun dituntut berbuat hal sama juga, tetapi mereka cenderung terperangkap oleh paradigma paradigma sains dan melakukan experimen eksperimen dalam perubahan gradual. Bila para perancang berani untuk ber inovasi, berani untuk mencipta, berani untuk menantang solusi solusi tradisional, tentu terjadi kesalahan, tetapi sekaligus diharap menemukan solusi solusi baru untuk memecahkan kesalahan kesalahan yang lalu. Dan sebenarnya, risiko itulah yang dituntut dari para perancang “avant garde”.
Definisi estetikanya Schleier-macher menyatakan “aesthetics was the proper relationship of artistic activity to the scheme of ethics”. Definisi ini cukup memberikan alasan untuk memikirkan matahari kita sebagai suatu tantangan estetik baru dalam arsitektur. Adalah indah untuk bisa memadukan kemampuan teknis kita, pengetahuan sains kita, inovasi dan kreativitas artistik kita untuk mendayagunakan energi surya dalam bingkai konsep etika lingkungan dan menemukan suatu bentuk ekspresi baru yang menyongsong kehadiran surya dalam arsitektur kita.

Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

0 komentar:

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes