APARTEMEN DI KOTA BESAR

      Apartemen di Kota Besar
1.   Apartemen Sebagai Kebutuhan di Kota Besar
Sebagai salah satu upaya mengantisipasi akan pemenuhan kebutuhan perumahan (papan) terutama di kota-kota besar, maka pemerintah memerlukan kebijakan untuk pembangunan model baru yaitu pembangunan ke arah vertikal dengan tetap bertahan di pusat kota. Jenis bangunan ini berupa rumah susun/apartemen/ kondominium.
Kebutuhan akan apartemen di kota besar ini berlakukan mengingat permasalahan utama yang di hadapi dalam penyediaan sarana pemukiman bagi penduduk di kota besar adalah luas tanah bertambah bahkan semakin hari tanah yang tersedia semakin berkurang. sementara itu jumlah penduduk perkotaan di Indonesia terus meningkat.
Pemerintah telah mengeluarkan UU No. 16 tahun 1985 tentang apartemen (UURS). Undang-undang tersebut kemudian dilengkapi dengan beberapa peraturan pelaksanaan yaitu, Peraturan pemerintah No. 4 tahun 1988, tentang bentuk dan tata cara pengisian serta pendaftaran Akta Pertahan Nasional No. 4 tahun 1989 tentang bentuk dan tata cara pembuatan buku tanah serta Penerbitan Sertifikat Hak Milik atas Satuan Apartemen .
Tujuan pembangunan Rusun di Indonesia diantaranya adalah meningkatkan daya guna tanah di daerah perkotaan dengan memperhatikan lingkungan pemukiman yang lengkap, serasi dan seimbang .
Beberapa kesulitan yang dihadapi dalam penerapan apartemen sebagai sarana hunian di Indonesia menyangkut aspek sosial, ekonomi, teknologi, antara lain :
a.    Kesangggupan orang untuk tinggal jauh dari permukaan tanah
b.    Manusia masih senang tinggal di dalam rumah tinggal biasa karena merasa privacy-nya lebih terjamin.
c.    Sesuai dengan sifat masyarakat agraris, keinginan untuk  memiliki tanah dengan rumah sudah melembaga dalam masyarakat Indonesia.
d.    Pola hidup yang masih memerlukan penyesuaian untuk tinggal di apartemen, kebiasaan-kebiasaan, cara memasak, jumlah anggota keluarga yang umumnya besar, sering menampung sanak saudara dan kerabat, perlu disesuaikan kembali dalam bangunan hunian bertingkat yang tidak mungkin untuk menampung semua kebiasaan tersebut.
e.    Apartemen kurang memberi kesempatan bagi penghuni untuk mencari penghasilan tambahan pada unit kediamannya.
f.     Biaya pembangunan apartemen masih tinggi dibandingkan dengan rumah bertingkat. Bangunan apartemen menuntut teknologi pembangunan yang lebih tinggi serta perhitungan ekonomi yang lebih teliti.
g.    Belum adanya kepastian hukum yang jelas tentang pengadaan dan kepemilikan rumah vertikal di Indonesia.
Hal ini disebabkan antara lain :
-       Semakin majunya tingkat pendidikan kehidupan masyarakat yang sedikit banyak  mempengaruhi pola pikir dan pola hidup masyarakat.
-       Semakin sulitnya mencari tempat tinggal biasa.
-       Sulitnya mendapatkan danah guna kepemilikan tanah .
Bagi penghuni berpenghasilan menengah ke atas, masalah-masalah yang umum dikeluarkan adalah :
-       Parkir dan garasi
-       Kurangnya fasilitas bersama dan fasilitas lingkungan
-       Konflik-konflik sosial
Untuk saat ini perumahan vertikal akan lebih cepat diperuntukkan bagi masyarakat golongan menengah ke atas yang sudah lebih maju struktur kebudayaannya dan lebih siap untuk tinggal di jenis hunian seperti apartemen ini.
2.   Apartemen d­­an Pengaruh Lingkungan Perkotaan
Hal-hal positif yang dapat mempengaruhi lingkungan perkotaan  bila membangun hunian dengan sistem vertikal adalah :
a.    Dapat menampung penduduk dengan kepadatan tinggi, tetapi masih memenuhi standar dan kriteria yang nyaman dan aman.
b.    Pemanfaatan tanah yang strategis di pusat kota secara efektif.
c.    Tidak mengurangi ruang terbuka dalam jumlah besar.
d.    Pembangunan dapat dilakukan secara massal dan tepat.

Bila ditinjau secara keseluruhan kota, maka pembangunan hunian denga sistem vertikal lebih ekonomis dibandingkan dengan sistem hunian horizontal, karena pada hunian horizontal diperlukan biaya yang tinggi untuk investasi infrastruktur, antara lain jarinagan air minum, drainase, sanitasi, jaringan listrik, jaringan telpon dan gas

Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

0 komentar:

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes