Unsur pelaku kegiatan
Konsumen
Adalah masyarakat yang berada di wilayah kawasan Indonesia bagian timur tetapi tidak menutup kemungkinan dari wilayah lain untuk melihat perkembangan kota Makassar dan sekitarnya sebagai pintu gerbang kawasan Indonesia Bagian Timur.
Pengelola
Adalah suatu organisasi yang ditugaskan oleh badan usaha perorangan untuk mengatur atau mengurus pelayanan pusat desain sebaik mungkin kepada konsumen.
Pengelola terbagi atas:
1. Bagian Administrasi
Staf atau kepala bagian Yang ditugaskan mengafur karyawan, mengontrol baik segi pelayanan kepada konsumen maupun keuangan.
2. Bagian pelayanan
Orang yang langsung berhubungan dengan konsumen dan memberi pelayanan semaksimal mungkin.
3. Produsen
Seseorang atau badan usaha yang dapat membuat atau menghasilkan suatu produk desain.
4. Profesional
Seorang yang ahli dalam bidang seperti Arsitek, Designer dan Planner.
Macam kegiatan
Secara umum kegiatan dapat dibedakan atas :
Kegiatan pameran
1. Pameran tetap
Materi pameran tetap meliputi seluruh komponen dan elemen desain, mulai dari komponen yang didesain khusus, interior, eksterior hingga urban desain.
2. Pameran kontemporer
Diselenggarakan menurut pengajuan usulan-usulan, menampilkan berbagai produk kreatifitas dari berbagai Kreator, Planner dan Designer, mencakup pula berbagai produk yang menonjolkan kualitas.
3. Pameran Luar
Open Air Exhibition merupakan pelengkap dari seluruh aktifitas pameran dengan orientasi utama produk-produk berkualitas dari berbagai industri modern.
Kegiatan konsumen/pengunjung
1. Melihat-lihat pameran di ruang pamer
2. Melakukan transaksi dengan produsen
3. Melakukan diskusi-diskusi, ceramah-ceramah tentang dunia desain dan arsitektur atau kegiatan lain yang akan memperkaya wawasan.
4. Menikmati koleksi-koleksi seni desain dan bacaan yang tersedia di perpustakaan
5. Mendapatkan data-data dari produk-produk desain, arsitektur dan bangunan di Indonesia dan luar negeri dengan sistem komputer.
Kegiatan pengelola
Bagian administrasi
1. Mengatur dan mencatat administrasi perusahaan
2. Menyediakan bahan keperluan operasional
3. Mengawasi karyawan dalam hal tingkat pelayanan yang diberikan kepada konsumen
4. Menjaga keamanan
5. Memelihara dan merawat semua peralatan untuk keperluan operasional
6. Mencari jenis kreasi desain baru
Bagian pelayanan
1. Menerima pengunjung/konsumen dan melayani keperluan pengunjung agar dapat menikmati suasana pameran dengan baik.
2. Memberikan informasi kepada pengunjung ataupun mengajarkan cara penggunaan alat, seperti komputer untuk mendapatkan data-data.
3. Menyelesaikan administrasi jual beli, baik dari penjualan barang-barang produk desain, perumahan dan lokasi perumahan serta penjualan makanan / minuman yang tersedia di restoran.
4. Menerima serta menyediakan pesanan pengunjung yang datang untuk berbelanja isi kebutuhan rumah.
5. Membersihkan dan merawat semua alat lavatory.
Kegiatan produsen
1. Menyediakan data-data hasil produksinya
2. Melakukan transaksi dengan konsumen
3. Melakuan ceramah, seminar dan diskusi
Kegiatan Profesional
1. Konsultasi dengan produsen dan konsumen yang akan membeli desain mereka
2. Melakukan seminar
3. Mengadakan rapat
0 komentar:
Posting Komentar
;