TINJAUAN IKLIM

Tinjauan terhadap Iklim
Proses terjadinya iklim
Iklim adalah perubahan kondisi cuaca yang relatif tetap dan secara berkala karena pengaruh perputaran bumi (diteliti 10-20 tahun sekali), hasilnya berupa: tropis, subtropis, dingin dan lain-lain. Sedangkan cuaca merupakan perubahan kondisi udara yang bersifat setempat, dalam kurun waktu pendek, dan terjadi akibat bentang alam seperti pantai, gunung dan padang rumput.
Iklim suatu lingkungan atau regional merupakan suatu keadaan atmosphere yang dipengaruhi oleh lima buah unsur penting di bawah ini:
1)    Suhu udara
2)    Kelembaban
3)    Angin
4)    Curah hujan
5)    Radiasi matahari
Iklim Makro dan Iklim Mikro
Iklim dibedakan atas iklim makro dan iklim mikro. Iklim makro adalah keseluruhan kejadian meteorologis khusus di atmosfir yang juga dipengaruhi oleh kondisi topografis bumi dan perubahan-perubahan peradaban di permukaannya dan berhubungan dengan ruang yang besar seperti negara, benua dan lautan, sedangkan iklim mikro berhubungan dengan ruang terbatas seperti ruang dalam, jalan kota atau taman kecil.
Cara mengelola iklim makro:
1)    Membuka jendela pada Utara-Selatan
2)   Pohon perdu diletakkan di Timur, sebab angin pada bulan Maret-September kering (tidak membawa uap air), sehingga tidak lembab. Jika menanam pohon di Barat, sebaiknya dipertinggi agar tidak membawa uap air masuk ke ruangan
3)    Yang dibuka dinding Timur, sehingga bila Desember, angin tidak masuk
4)    Kamar mandi sebaiknya diteruh di sebelah Barat saja agar cepat kering (tidak lembab)
5) Agin yang baik adalah yang lewat depan/samping (posisi bangunan tidak membelakangi angin). Angin dari bawah dan atas tidak baik.
Pembagian Iklim
Hingga saat ini klasifikasi iklim banyak berdasarkan penggunaan dalam ilmu pertanian. Untuk aplikasi arsitektural, pembagian iklim lebih erat hubungannya dengan faktor kenyamanan atau comfort. Dalam hal ini iklim selanjutnya dapat dibagi menjadi empat bagian:
Iklim Dingin
Masalah utama dari iklim ini adalah kurangnya panas dari radiasi matahari. Suhu udara rata-rata -150C, dengan kelembaban relatif yang rata-rata tinggi selama musim dingin.

Iklim Moderat
Iklim ini ditandai dengan variasi panas yang berlebihan dan dingin yang berlebihan pula, namun tidal terlalu menyolok. Suhu udara rata-rata terendah pada musim dingin ialah 150C dan suhu terpanas adalah sekitar 250C.
Iklim Panas Kering
Iklim ini ditandai dengan panas yang berlebihan, udara kering, suhu udara rata-rata 250C-450C terpanas dan 100C terdingin disertai dengan kelembaban relatif yang sangat rendah.
Iklim Panas Lembab
Iklim ini ditandai dengan panas yang berlebihan disertai dengan kelembaban relatif yang tinggi pula. Suhu udara rata-rata di atas 200C dengan kelembaban relatif sekitar 80-90%.

Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

0 komentar:

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes