PENGERTIAN HOTEL

1.    Pengertian hotel
a.    Hotel marketing (suatu pengantar) : A. Joen, Oka, Hotel marketing, suatu pengantar kata “Hotel” berasal dari bahasa Yunani yaitu hotelis yang berarti memberi tempat perlindungan kepada pengunjung, dengan imbalan upah atau hadiah bagi pemiliknya.

b.   Professor K, Kraft : Lembaga Riset Pariwisata oleh : Prof. K. Kraft, Hotel adalah sebuah gedung atau bangunan yang menyediakan penginapan, makanan dan pelayanan bagi mereka yang menginap dan mengadakan perjalanan.

c. Peraturan usaha dan penggolongan hotel : Keputusan Menparpostel RI, No. 37/PW/304/MPPT-89 tentang peraturan usaha penggolongan hotel.
Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.

d. Webster Student Dictionary : Webster Student’s Dictionary, American Book Company.
Hotel adalah sebuah rumah yang menyediakan penginapan dan biasanya makanan bagi umum, terutama untuk orang-orang yang singgah sementara waktu.

e.    Fred Lawson : Fred Lawson, Hotels, Motels dan Condominium Design, Planning and Maintenance, 1980, hal. 11.
Hotel sebagai suatu bangunan umum yang memberikan jasa kepada orang yang melakukan perjalanan atas dasar imbalan. Dua jenis pelayanan utama disini adalah akomodasi serta makanan dan minuman.

f.    Talbot Hamlin F. A. I. A : Talbot Hamlin F. A. I. A. Form and Function of 20th Century Architecture
Hotel sebagai bangunan untuk penginapan dan jamuan bagi orang yang sedang melakukan perjalanan. Ia berpendapat bahwa hotel pada abad 20 ini masih melayani fungsi yang sama dengan hotel-hotel masa lampau yaitu sebagai tempat istirahat umum.

g.    American Encyclopedia : American Encyclopedia
Hotel adalah suatu badan usaha yang menyediakan pelayanan penginapan serta menyediakan sarana lainnya bagi wisatawan.

h.    Oxford Advanced, Leaner’s Dictionary : Oxford Advanced Leaner’s Dictionary
Hotel adalah bangunan atau gedung dimana ruangan-ruangan, makanan-makanan dan fasilitas yang ada bagi masyarakat umum yang memberikan imbalan balik berupa pembayaran .

Dari pengertian  hotel di atas, maka dapat dijabarkan bahwa : (Pengantar Industri Akomodasi dan Perhotelan, Sudarto Mangkuwerdoyo, hal. 8, 1999)

Hotel adalah suatu jenis usaha akomodasi yang bersifat konversial, yang menyediakan jasa pelayanan untuk umum yang menunjang kegiatan hotel tersebut. Pada dasarnya sebuah hotel harus menyediakan minimum 3 fasilitas utama yaitu : akomodasi, makanan dan minuman

Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

0 komentar:

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes