PELAKU KEGIATAN HOTEL BISNIS

a.    Tamu hotel
Pengelompokkan tamu hotel bisnis berdasarkan profesi dan status sosial ekonomi secara umum :
1)    Pengusaha
Umumnya memiliki pristise tinggi, status sosial ekonomi termasuk dalam golongan menengah ke atas.
2)    Pedagang
Faktor prestise kurang menonjol, status ekonomi termasuk golongan menengah ke atas, cenderung bersifat sederhana dan mempertimbangkan segi ekonomis.
3)    Pejabat pemerintah
Memiliki pristise tinggi, status ekonomi golongan menengah ekonomi ke atas. Penggunaan fasilitas sesuai dengan jabatannya.
4)    Para profesional
Memiliki tingkat prestise yang tinggi dan umumnya berasal dari golongan ekonomi menengah ke atas.

b.    Pengelompokan tamu berdasarkan lamanya tinggal
1)    Wisatawan (Tourist)
Tamu yang berkunjung dan tinggal lebih dari 24 jam serta mengeluarkan uangnya untuk menikmati segala fasilitas yang disediakan hotel.
2)    Pelancong (Excursionist)
Tamu yang berkunjung kurang dari 24 jam, mereka ada juga yang membelanjakan uangnya untuk menikmati fasilitas hotel atau yang hanya datang untuk mengunjungi famili, relasi dan kenalan.

c.    Jenis kegiatan tamu
1)    Kegiatan rutin/pokok sehari-hari seperti makan, minum, istirahat, mandi.
2)    Kegiatan utama dari maksud kunjungan seperti meeting, konvensi, lokakarya, resepsi/pesta/perjamuan, pameran, tugas dinas, bisnis dan berdagang.
3)    Kegiatan mengisi waktu luang seperti olah raga, shopping, makan di restaurant, rileks, rekreasi.

d.    Pengelola hotel
1)    Staf karyawan hotel
Yaitu staf administrasi manager yang mengelola segala kegiatan yang ada dalam hotel baik intern maupun ekstern yang termasuk dalam kategori :
a). Asisten manager
b). Staf departemen teknik dan transportasi
c). Staf departemen keuangan
d). Staf departemen makanan dan minuman
e). Staf departemen kerumahtanggaan dan lain-lain
Yang dimaksud dengan karyawan dalam hal ini adalah para pekerja yang tidak langsung berhubungan dengan
pengunjung :
a). Karyawan bagian dapur
b). Karyawan bagian laundry (binatu)
c). Karyawan bagian kimia

2)    Jenis kegiatan dan pelayanan karyawan
Di dalam susunan dalam struktur organisasi dari suatu hotel, berpedoman pada kegiatan pokoknya maka departemen/ bagian yang harus ada, adalah :
a)    Kantor departemen hotel (Front Office)
Bagian tersebut memiliki sub bagian yaitu : Fungsi utama dari bagian ini adalah menyewakan kamar dan fasilitas lain. Adapun pelayanan yang diberikan antara lain :
(1). Pelayanan pemesanan kamar (Reservation service) mempunyai fungsi menerima pesanan-pesanan kamar yang dibuat oleh tamu.
(2).  Pelayanan penanganan barang-barang tamu (Porter atau Bel Captain, Desk Service).
(3).  Pelayanan informasi (Information Service) memberikan informasi yang  dibutuhkan oleh tamu selama menginap di hotel.
(4).  Pelayanan Check in dan Check Out tamu (Reception  atau Front Desk) mempunyai fungsi menangani tamu-tamu yang check in dan check out.
(5).  Kasir kantor depan hotel (Front Office Cashier) mempunyai fungsi menangani pembayaran seluruh transaksi yang dibuat oleh tamu didalam hotel selama menginap.

Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

1 komentar:

Anonim mengatakan...

judul lagu yg di pake untuk blog ini apa y?

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes