FAKTOR DAN UNSUR SUATU SHOPPING CENTER

             Faktor dan Unsur-unsur Suatu Shopping Center.
       Faktor – Faktor yang harus diperhatikan,yaitu :
a.    Magnet / Anchor.
Dalam menghidupkan suasana dan minat pengunjung,maka suatu shopping center haruslah dibuat suatu penarik yang disebut magnet atau anchor. Magnet tersebut dapat berupa supermarket / minimarket atau fasilitas rekreasi lainnya seperti Cineplex, foodcourt / restaurant, playground.
Penempatan magnet/anchor dapat di setiap pengakhiran koridor yang terdapat di setiap lantai suatu shopping center Jarak maksimal antara magnet tersebut di setiap lantainya maksimum 250 meter,sedangkan jarak optimumnya 180 m. Dengan adanya penempatan magnet membuat shopping center menjadi daerah pergerakan aktivitas yang tinggi,sehingga tidak ada retail shop yang tidak dilalui oleh pengunjung.
b.    Tenant Mix.
Pengaturan dari pihak-pihak penyewa yang akan menempati retai-retail shop dan anchor,ditempatkan sesuai dengan tingkatan ekonomi mayoritas pengunjung dan selera dari pengunjung.Pengaturan dan penempatan jenis-jenis retail tersebut harus sesuai dengan kegiatannya,sehingga antara retail yang satu dengan lainnya tidak saling mengganggu.
Perbandingan jumlah antara anchor dan retail-retail tersebut adalah 40:60.Hal ini dipertimbangan dari investasi dan pengambilan modal.
c.    Desain Kriteria .
Dalam perencanaan suatu shopping center haruslah terdapat kriteria-kriteria bagi para penyewa dalam mengatur retail yang disewanya,agar dapat membentuk satu kesatuan dengan retail-retail lainnya.
Perencanaan suatu shopping center harus memperhatikan kesan santai atau rileks,menyenangkan dan mudah dilalui. Juga harus diperhatikan pintu masuk yang jelas dan pintu keluar dari unit utamanya.Lay-out dari shopping center dibuat secara sederhana,mudah diidentifikasikan serta tidak membosankan.

2.  Unsur-unsur pembentuk lay-out shopping center,yaitu :
a.    Paths.
Paths adalah jalur sirkulasi atau jalur pergerakan manusia.
Contoh : jalan, pedestrian dan jalur kereta.
Paths berfungsi sebagai penghubung antara beberapa node / pusat aktivitas.
b.    Nodes.
Nodes adalah pusat aktivitas.Baik berupa pertemuan dari path maupun dari beberapa path,atau menunjukkan pada suatu konsentrasi tertentu seperti plaza. Yang dimaksud dengan node pada bangunan shopping center adalah anchor tenant ( penyewa utama ) yang menjadi daya tarik para konsumen.Perletakan node di setiap pengakhiran koridor yang terdapat di setiap lantai suatu shopping center.

Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

0 komentar:

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes