PELAKU KEGIATAN SEAWORLD

PELAKU KEGIATAN SEAWORLD
Tercapainya kegiatan yang sesuai dengan fungsi dan sasaran dalam Seaworld tergantung dari pelaku kegiatan  didalamnya. Unsur pelaku kegiatan yang dimaksudkan adalah pelaku aktivitas dimana pengunjung dan pengelola memiliki hubungan timbal balik meskipun sama-sama mempunyai kegiatan yang berbeda. Tetapi kedua pelaku kegiatan tersebut memiliki hubungan yang erat melalui objek biota laut. Pengelola melakukan aktivitas penjagaan dan pemeliharaan biota laut serta kegiatan administrasi lainnya, sedangkan pengunjung menikmati keindahan biota laut yang terbungkus dalam kotak kaca berskala besar. Keindahan tersebut adalah salah satu kerja keras dari pengelola Seaworld.
Dari pernyataan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pelaku kegiatan dalam Seaworld terbagi menjadi 2 bagian yaitu :
1.    Pelaku utama : Pengunjung dan pengelola
2.    Objek : Biota laut yang dipamerkan dalam aquarium/tangki
Dari kedua bagian pelaku kegiatan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :
1.    Biota Laut
Objek biota laut disini merupakan koleksi yang dipamerkan dalam tangki aquarium yang telah dikarantina sebelumnya. Biota laut tersebut diperoleh dari berbagai penjuru nusantara yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan para pengunjung baik dari aspek rekreasi, edukasi, maupun informasinya. Kegiatan biota laut yaitu untuk dinikmati pemandangan dan tingkah lakunya, sehingga biota laut cukup melakukan aktivitas seperti biasanya tanpa latihan khusus, kecuali pada bagian atraksi lumba-lumba yang memerlukan bimbingan khusus untuk menghibur pengunjung.
2.    Pengunjung
Sebagai pelaku utama kegiatan, pengunjung Seaworld menikmati kehidupan bawah laut yang dipamerkan, sehingga diperlukan perencanaan khusus terhadap hubungan antara pengunjung dan biota laut. Perencanaan tersebut diharapkan mampu menjaga sirkulasi antara keduanya agar kebutuhan pengunjung dan kegiatan biota laut tetap terjaga.
3.    Pengelola
Pengelola adalah pelaku kegiatan dalam Seaworld yang melakukan aktivitas administrasi dan teknis, sehingga pengelola dalam hal ini dapat dibagi sesuai dengan bidang operasionalnya:
 
1)    Bidang Teknik, adalah bidang yang bertanggung jawab atas kelancaran operasional sarana secara teknis. Bidang ini meliputi: maintenance, pemeliharaan peralatan, system elektrikal dan mekanikal yaitu sistem peragaan dan perencanaan peragaannya.
2)    Bidang Humas, bidang ini membawahi sub bidang promosi untuk penjualan dan hal-hal yang menyangkut dalam hubungannya dengan masyarakat luas serta personalia.
3)    Bidang Pemasaran, bidang ini berhubungan langsung dengan aspek perencanaan keuangan, pembukuan, pemasaran, dan penjualan produk.
4)    Bidang administrasi, adalah bidang yang membina urusan tatausaha dan pelayanan umum kepada semua unit organisasi dalam lingkungan Seaworld. Bidang ini terbagi atas : bidang administrasi umum dan kesekretariatan.
5)    Bidang servis / rumah tangga, menjaga keamanan, kebersihan dalam lingkup Seaworld serta melayani semua unsur intern.


Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

1 komentar:

Miliana mengatakan...

suka banget kak baca blognya keren


sindonews international

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes