FAKTOR DAN KONDISI IKLIM

FAKTOR-FAKTOR DAN KONDISI IKLIM YANG MEMPENGARUHI PERENCANAAN BANGUNAN
FAKTOR IKLIM
Matahari
Radiasi matahari adalah penyebab semua ciri umum iklim dan sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Kekuatan efektifnya membentuk keseimbangan termal pada bumi yang ditentukan oleh energi radiasi (insolasi) matahari, pemantulan pada permukaan bumi, berkurangnya radiasi oleh penguapan, dan arus radiasi di atmosfir.
Dalam perencanaan bangunan, hal tersebut perlu diketahui untuk mengatur banyaknya sinar matahari yang masuk melalui bukaan sehingga dapat ditentukan orientasi massa bangunan yang terbaik karena untuk menentukan orientasi yang tepat hanya dapat dilakukan dengan meninjau sudut-sudut matahari pada berbagai jam setiap harinya.
Pertukaran panas pada pukul 12.00 dalam musim panas akan ditunjukkan pada gambar sebagai berikut:
Temperatur
Daerah yang paling panas pada umumnya adalah daerah yang paling banyak menerima radiasi matahari, yaitu daerah khatulistiwa. Asmaningprojo (2000:30) menyatakan “Pada daerah dengan iklim tropis lembab seperti di Indonesia, suhu udara rata-rata di atas 200C dengan kenyamanan thermis antara 25,4–28,90C“.
Panas tertinggi kira-kira 2 jam setelah tengah hari, karena pada saat itu radiasi langsung matahari bergabung dengan temperatur udara yang sudah tinggi sehingga pertambahan panas terbesar terdapat pada fasade barat daya atau barat laut (tergantung pada musim dan garis lintang) dan fasade barat. Sebagai patokan dapat dianggap bahwa temperatur tertinggi sekitar 1-2 jam setelah posisi matahari tertinggi, dan temperatur terendah sekitar 1-2 jam sebelum matahari terbit. Temperatur sudah mulai naik lagi sebelum matahari terbit disebabkan oleh radiasi pada langit.
Di daerah tropis, fasade timur dan barat paling banyak terkena radiasi matahari, sedangkan penyinaran langsung pada dinding tergantung pada orientasinya terhadap matahari. Akan tetapi radiasi tidak langsung dapat berpengaruh pada arah fasade atau bagian bangunan lain yang disebabkan karena awan yang menutupi langit.
Angin
Perbedaan tekanan udara di dua tempat (akibat perbedaan suhu) menyebabkan adanya pergerakan udara dari daerah bertekanan maksimal ke daerah bertekanan minimal. Pergerakan udara yang mendatar inilah yang disebut angin.
Kecepatan angin ditentukan oleh gradien barometris yang sama. Makin tinggi suatu tempat makin tinggi kecepatannya, hal ini disebabkan oleh gesekan permukaan bumi. Makin jauh dari permukaan bumi makin kecil gesekannya.
Untuk keperluan praktis di daerah yang tidak mungkin memiliki alat pengukur kecepatan angin (disebut anemometer),  ada manfaatnya kita mempergunakan petunjuk pertama yang sederhana. Cara yang dipakai ialah sangat biasa: mengamat-amati gerak asap yang mengepul ke atas. Dengan cara itu Sir Francis Beaufort (1808), admiral dan ahli bumi Inggris terkenal, menyusun skala penggolongan angin. Pada Tabel 2.1 memperlihatkan klasifikasi angin menurut Beaufort.
Bangunan tinggi mempunyai peredaran angin yang lebih baik pada bagian sebelah atas karena intensitas gerakan udara lebih besar dari pada di lantai (ground floor). Di belakang bangunan tinggi terbentuk angin putar dan arus udara yang berlawanan arah yang dapat menghasilkan pengudaraan bagi bangunan rendah yang ada di balakangnya.
Angin merupakan faktor perencanaan yang penting karena sangat mempengaruhi kondisi iklim, baik untuk setiap bangunan maupun seluruh kota. Angin dapat melepaskan panas dari permukaan kulit oleh penguapan. Semakin besar kecepatan udara, semakin besar pula panas yang hilang tetapi ini hanya terjadi selama temperatur udara lebih rendah dari pada temperatur kulit, jika tidak maka akan terjadi sebaliknya yaitu pemanasan tubuh karena efek pendinginan yang tidak mencukupi.

Ditulis Oleh : ANDITRIPLEA

SOBAT, ANDITRIPLEA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI;

0 komentar:

Posting Komentar

;

TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG BLOG INI, DI "LIKE" YA..

Artikel Terbaru Via Email
Dapatkan kiriman artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda.!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes